web widgets

Rabu, 06 Mei 2015

Aplikasi Sensor Accelerometer dan Proximity pada Aplikasi “Sensor Music Player” smartphone

Sensor Music Player merupakan sebuah aplikasi pemutar musik perangkat android yang unik, yang dikembangkan oleh Elgui dan telah dipublikasikan dan dapat di download pada Google Play. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang telah menyita perhatian banyak pengguna smartphone android dan sudah di download lebih dari 12.000 pengguna perangkat android. Sensor Music Player dikatakan unik karena aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar musik yang memanfaatkan beberapa sensor untuk pengoperasian aplikasi tersebut, yakni sensor accelerometer dan sensor proximity. Sensor accelerometer sebagai sensor pendeteksi getaran, dan sensor proximity sebagai sensor pendeteksi keberadaan benda yang ada didekatnya.
Sensor accelerometer dan proximity dimanfaatkan pada aplikasi ini untuk pengoperasikan pemutar musik, misalnya menjalankan fitur Play / Pause dan mengganti lagu tanpa harus menekan tombol / menyentuh layar pada perangkat android, bahkan dapat digunakan untuk pengoperasian pemutar musik tanpa harus mengeluarkan perangkat yang ada di dalam saku.
 Capture
Terdapat banyak fitur pada aplikasi pemutar musik ini. Layaknya pemutar musik pada umumnya, aplikasi pemutar musik ini terdapat menu tab “library” untuk mencari / melihat lagu-lagu menurut folder, artists, genre, dan lain sebagainya. Kemudian terdapat menu tab “Player” yang menampilkan lagu yang sedang diputar, dan terdapat tombol play / pause, stop, next dan previous. Pada aplikasi ini juga terdapat menu tab “Tracklist” yang menampilakan list dan mengelola musik yang ada pada perangkat android kita. Aplikasi ini juga memberikan fitur equalizer, on-the-go drag n drop playlist (meletakkan lagu dari library secara langsung ke Tracklist), auto playlist editing (menyimpan Tracklist kita sebagai Playlist atau menampilkan / memuat playlist yang sudah ada), fitur bass boost, virtualizer, smart search bar dan home screen widget.
Fitur yang membuat aplikasi pemutar musik ini unik yaitu fitur “sensor mode”, dimana fitur ini dapat memutar musik dan mengoperasikan pemutar musik tanpa menggunakan tombol / menyentuh layar perangkat android, dengan memanfaatkan sensor accelerometer dan proximity. Fitur ini terdapat pada menu tabPlayer”, dan di dalam fitur ini terdapat 4 opsi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berikut fitur “sensor mode” pada aplikasi ini yang memanfaatkan sensor accelerometer dan proximity:
  • Wave Over
Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melakukan skip / memutar musik selanjutnya dengan cara melambaikan atau melewatkan tangan satu kali pada layar atau sensor proximity yang ada. Kemudian pengguna juga dapat memutar / mengembalikan ke musik sebelumnya dengan cara melambaikan tangan dua kali secara cepat. Pengguna juga dapat memutar atau memberhentikan musik secara sementara (Play / Pause) dengan cara mendiamkan atau menahan tangan pada layar atau sensor proximity yang ada.
  • Pocket
Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melakukan skip / memutar musik selanjutnya dengan cara menepak atau melakukan ceblekan pada perangkat. Fitur ini berguna pada saat perangkat diletakkan di dalam saku. Pada saat musik sedang diputar dan perangkat terdapat dalam saku, kita tidak perlu untuk membuka kunci atau menyalakan perangkat tersebut. Hanya dengan menepak perangkat, otomatis musik akan ganti dengan sendirinya dengan adanya deteksi sensor accelorometer. Tetapi pada fitur ini tidak bisa melakukan Play / pause pada musik tersebut.
  • Hammer
Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melakukan skip / memutar musik selanjutnya dengan cara memukul alas di mana perangkat itu diletakkan. Misalnya perangkat android tersebut diletakkan pada suatu meja, dan kita perlu memukul meja tersebut sehingga perangkat tersebut mendapatkan getaran, yang mana getaran tersebut dideteksi oleh sensor accelerometer dan musik tersebut akan berganti ke musik lainnya. Ketika menggunakan fitur ini, diharapkan dengan melakukan pemukulan secara tidak keras. Karena ketika perangkat menggunakan loadspeaker, perangkat dapat menghasilkan cukup getaran untuk mendeteksi hal tersebut. Jika perlu kita dapat menyesuaikan sensitivitas pada menu pengaturan.
  • Custom
Pada menu ini, pengguna dapat melakukan pengaturan sensor, mengeset sensor mana yang ingin diaktifkan, mengatur sensitivitas dan mengatur aksi untuk setiap perihal sensor.
Aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar musik yang unik dengan memanfaatkan sensor yang ada pada perangkat android sebagai pendukung aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi dengan tampilan yang minimalis, yang mudah digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan pada saat berkendara, berolahraga, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar